Indikator perhitungan merupakan sebuah Produk Domestik Regional Bruto atau disingkat PDRB adalah jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh badan unit usaha dalam suatu daerah tertentu. PDRB sendiri bisa juga didefinisikan sebagai jumlah dari nilai barang dan jasa akhir (netto) yang dihasilkan oleh seluruh badan unit ekonomi.

Transaksi ekonomi yang akan dihitung adalah sebuah transaksi yang terjadi di suatu wilayah domestik suatu daerah, tanpa memerhatikan apakah dilakukan oleh masyarakat (residen) dari daerah tersebut atau masyarakat lain (non-residen). Metode yang digunakan kali ini pun merupakan sebuah metode perhitungan PDRB atas dasar Harga yang Berlaku.

Indonesia sendiri memiliki beberapa kota yang disebut paling kaya. Berikut merupakan lima kota terkaya di Indonesia.

1. DKI Jakarta

Ibu Kota dari negara kita, yaitu DKI Jakarta berhasil menduduki posisi pertama dari kota terkaya yang ada di Indonesia. Bahkan, Jakarta Pusat telah menjadi salah satu pusat ekonomi terbesar yang ada di Tanah Air kita. Adapun PDRB per kapita di DKI Jakarta yang mencapai Rp 692,24 juta. ***

2. Teluk Bintuni

Dan kota terkaya yang menduduki peringkat kedua kota terkaya di Indonesia ini berada di bagian paling Barat Negara Indonesia, yang tepatnya berada di Papua Barat. Teluk Bintuni sendiri memang sangat terkenal akan kekayaan-nya yang sangat melimpah.

Hasil dari tambang dan gas merupakan yang paling utama. Sementara untuk PDRB per kapita disana senilai Rp 457,93 juta.

3. Kediri

Kota selanjutnya, yang berhasil menempati posisi ketiga adalah Kota Kediri di Jawa Timur. Kediri sendiri bisa berada di posisi ini karena memang daerah ini memiliki berbagai macam industri dengan pengolahan dan pabrik yang berskala besar.

Contohnya ada perusahaan Gudang Garam sebagai salah satu perusahaan rokok terbesar yang ada di Indonesia. Adapun juga PDRB per kapita di Kediri hingga mencapai Rp 449,23 juta.

4. Kepulauan Anambas

Kepulauan Anambas yang terletak di Kepulauan Riau ini memang sedikit jauh dan bisa dibilang terisolasi. Meskipun demikian, wilayah yang satu ini sangat dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil gas dan minyak yang besar. Adapun juga PDRB per kapita yang diperoleh disini hingga mencapai Rp 401,86 juta.

5. Mimika

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Kabupaten Mimika yang terletak di Papua ini memiliki kekayaan alam yang amat berlimpah.
Sementara untuk PDRB per kapita yang ada di sini bisa mencapai Rp 396,04 juta. Hal ini rupanya dipengaruhi berkat adanya perusahaan besar tambang yang ada di Mimika seperti Freeport dan masih banyak lainnya.

Jadi segitu saja pembahasan yang akan kita bawakan pada hari ini tentang lima kota terkaya di Indonesia. Semoga penjelasan yang telah kami berikan diatas cukup untuk menambah wawasan kalian. Kurang lebihnya tolong dimaafkan, terima kasih.