Destinasi Wisata Populer di Wonosobo – Apakah Anda suka menyukai pegunungan? Kunjungi Kabupaten Wonosobo di Jawa Tengah. Daerah pegunungannya menawarkan banyak wisata alam yang indah. Misalnya, Destinasi wisata Dieng yang terkenal. Udara segar. Pemandangan yang bagus. Budaya yang kaya dan masakan yang lezat adalah inti dari Wonosobo.

Bagi yang belum pernah ke Wonosobo, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi beberapa tempat wisata yang direkomendasikan. Berikut adalah 27 tips wisata Wonosobo terbaik untuk Anda sebagai panduan perjalanan. Terutama patut dikunjungi dari Jawa Timur.

1. Museum Kailasa

10 Destinasi Wisata Populer di Wonosobo

Sebelum menjelajahi kawasan Dieng, sebaiknya Anda mengunjungi Museum Kailasa terlebih dahulu. Pasalnya museum ini terdiri dari dua bangunan dengan luas 560 meter persegi. Karena mereka memiliki wawasan tentang budaya dan proses alam mereka. Penawaran artikel; Anda dapat melihat patung-patung kuno dan warisan budaya. Museum Kailasa juga memuat informasi tentang flora dan fauna wilayah Dieng.

2. Bukit Sikunir

10 Destinasi Wisata Populer di Wonosobo

Bukit Sikunir adalah salah satu tujuan wisata Dieng yang paling populer untuk menyaksikan matahari terbit. Selain matahari, Anda juga bisa melihat puncak Pegunungan Dieng yang dikelilingi awan. Udara yang sangat dingin tidak menghentikan para pelancong untuk menunggu panorama yang indah.

Sekitar 30 menit berkendara dari desa Sembungan. Jalan ke atas bukit itu penuh dengan tangga. Pakaian berlapis; sarung tangan kemeja; Jangan lupa pakai topi. OKE.

3. Telaga Cebong

10 Destinasi Wisata Populer di Wonosobo

Menikmati matahari terbit di Bukit Sikunir? Saat menuruni gunung, jangan lupa mampir di Telaga Cebong. Sedikit lebih rendah dari Sikunir, Telaga Cebong terlihat seperti mangkuk raksasa yang dikelilingi perbukitan yang rimbun dan pepohonan yang rindang. Karena letaknya, Telaga Cebong sering disebut sebagai Cloud Pool.

4. Gardu Pandang Tieng

10 Destinasi Wisata Populer di Wonosobo

Tidak bisa ke Bukit Sikunir tapi ingin melihat matahari terbit? Datanglah ke sudut pandang Tieng. Terletak di Jalan Raya Dieng, kawasan indah ini berbentuk lingkaran dan terletak di tepi tebing dekat jalan raya. Sesampai di sini Anda akan menemukan panorama Dieng tanpa harus pergi ke Bukit Sikunir.

5. Gunung Prau / Prahu

10 Destinasi Wisata Populer di Wonosobo

Untuk pendaki gunung Anda bisa langsung menuju puncak Gunung Prau. Ini adalah 2.565 meter di atas permukaan laut. Menawarkan berkemah dan pemandangan Gunung Prau yang menakjubkan. Melalui Jalan Gunung Dworowati Anda akan melihat berbagai macam burung. Anda dapat melihat perbukitan dan lereng yang curam.

Gunung Prau tidak semenantang Merapi atau Sumbing. Namun keindahan pegunungan di kawasan Dieng yang mendung akan membanjiri perjuangan Anda. Jangan lupa mampir di “Teletubbies” dengan perbukitan yang berkelok-kelok.

6. Telaga Warna Dieng

10 Destinasi Wisata Populer di Wonosobo

Dieng memiliki banyak danau, tetapi Anda tidak boleh melewatkan Danau Warna. Danau paling terkenal di kawasan Dieng ini bisa berubah warna tergantung dari sudut matahari. Tergantung pada waktu kedatangan Anda, Telaga Warna hijau dan biru mungkin tersedia dalam warna putih dan merah.

Kandungan belerang pada air Telaga Warna bertanggung jawab atas keunikan warna danau. Pepohonan yang rimbun dan puncaknya membuat Telaga Warna menarik dari ketinggian.

7. Batu Ratapan Angin

10 Destinasi Wisata Populer di Wonosobo

Ingin melihat yang terbaik dari Telaga Warna? Jangan lupa untuk mendaki Batu Angin Ratapan. Bentuk batuan vertikal ini sangat curam dan membutuhkan pendakian. Begitu sampai di puncak gunung, Anda akan melihat pemandangan Telaga Warna yang indah. Sangat cocok bagi Anda yang ingin memotret pemandangan alam yang indah.

Telaga Pengilon tidak jauh dari Telaga Warna. Bukit-bukit di sekitar danau bahkan lebih megah dari bebatuan yang menangis.

8. Jembatan Merah Putih

10 Destinasi Wisata Populer di Wonosobo

Jembatan Merah Putih terletak di dekat Batu Ratapan Angin dan menghubungkan dua bukit. Meski hanya sepanjang 26 meter, jembatan ini sangat ideal bagi Anda yang ingin bertarung dengan gagah berani sambil berfoto-foto lucu. Jembatan ini terbuat dari papan kayu dan tali, sehingga sedikit melelahkan untuk diseberangi.

Tahukah Anda bahwa jembatan bergetar hebat saat angin bertiup? Ingatlah untuk memakai sabuk pengaman yang disediakan di jembatan.

9. Telaga Pengilon

10 Destinasi Wisata Populer di Wonosobo

Ini adalah danau unik di sebelah Telaga Warna. Meski dekat, Danau Pengilon berbeda dengan tetangganya. Berbeda dengan Telaga Warna, Karena airnya tidak mengandung belerang, warnanya umumnya lebih mirip dengan danau selatan. Hijau-biru sangat berbeda dengan Telaga Warna.

Ingin foto yang bagus? Hanya membutuhkan waktu beberapa jam dari Telaga Pengilon ke Telaga Warna.

10. Wanawisata Petak 9

10 Destinasi Wisata Populer di Wonosobo

Tempat wisata alam lainnya di Wanawisata Petak 9 berada di atas Telaga Pengilon dan Telaga Warna. Di kebun kecil ini Anda akan menemukan pohon-pohon indah yang sepenuhnya menggambarkan karakteristik masing-masing spesies. Karena lokasinya yang asri dan sejuk, tempat ini populer sebagai tempat yang menyenangkan.

Ikuti jalan menuju puncak Gunung Sidengkeng dekat Wanwisata Petak 9. Puncak ini adalah Telaga Warna. Ini juga merupakan lokasi yang strategis untuk melihat Danau Pengilon dan Sunrise.

Baca Juga :  10 Aplikasi Android Terbaik Tahun 2022